Dunia
pendidikan (pedagogik) tidak menggunakan metode deduktif spekulatif, dalam
investigasinya berdasarkan penjabaran pendirian dasar-dasar filosofis.
Pedagogik adalah ilmu pendidikan yang bersifat teoritis dan bukan pedagogik
yang filosofis. Pedagogik melakukan telaah fenomenologis atas fenomena yang
bersifat empiris sekalipun bernuansa normative. Seperti dikatakan Langeveld
(1955) Pedagogik mempergunakan pendekatan fenomenologis secara kualitatif dalam
metode penelitiannya.Pedagogik bersifat filosofis dan empiris. Berfikir
filosofis pada satu sisi dan di pihak lain pengalaman dan penyelidikan empiris
berjalan bersama-sama. Hubungan-hubungan dan gejala yang menunjukkan ciri-ciri
pokok dari objeknya ada yang memaksa menunjuk ke konsekuensi yang filosofis,
adapula yang memaksakaan konsekunsi yang empiris karena data yang faktual. Pedagogik
mewujudkan teori tindakan yang didahului dan diikuti oleh berfikir filosofis.
Dalam berfikir filosofis tentang data normative pedagogik didahului dan diikuti
oleh pengalaman dan penyelesaikan empiris atas fenomena pendidikan. Itulah
fenomena atau gejala pendidikan secara mikro yang menurut Langevald mengandung
keenam komponen yang menjadi inti dari batang tubuh pedagogik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar